Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Wisanggeni-Mustikawati
Kegiatan Api Unggun Menumbuhkan Rasa Kebersamaan antar Anggota Penegak

Oleh Entin Atikasari, S.Pd. 07 Agu 2023, 13:12:43 WIB Ekstrakurikuler
Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Wisanggeni-Mustikawati

Keterangan Gambar : Kegiatan Api Unggun pada Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Wisanggeni-Mustikawati


oleh Instagram: @ekansa_scout 

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) merupakan kegiatan tahunan sebagai pertanda telah diterimanya peserta didik kelas X yang baru saja bergabung menjadi bagian dari ambalan Wisanggeni-Mustikawati. Kegiatan PTA bertujuan agar calon penegak dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak serta untuk memperkenalkan pada mereka tentang berbagai hal tentang Pramuka Penegak, termasuk tentang Dewan Satuan Pramuka. 

Dalam kepramukaan, PTA atau Penerimaan Tamu Ambalan adalah kegiatan wajib bagi peserta didik baru, untuk melakukan pindah tingkatan dari penggalang ke penegak, sekaligus untuk memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak.

Kegatan ini pun menjadi wadah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota pramuka, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang lebih baik bagi para tamu ambalan dan melatih kekompakan antar anggota pramuka.

Kegiatan PTA di Pangkalan SMK Negeri 1 Susukan dilakasanakan satu hari satu malam, yaitu pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 4-5 Agustus 2023 di halaman SMK Negeri 1 Susukan. Kegiatan ini diikuti oleh 216 tamu ambalan, 15 Dewan Ambalan, 20 Calon Dewan Ambalan, dan didampingi oleh 2 Pembina Pramuka, yaitu Kak Ardian Prima Yudha, S.Pd. sebagai pembina pramuka putra dan Kak Entin Atikasari, S.Pd. selaku pembina pramuka putri.

Upacara pembukaan kegiatan PTA dilaksanakan pada Jumat pagi dan dibuka oleh Kamabigus, Kak Sri Eko Mulyaningsih, S.Pd. Setelah upacara pembukaan selesai, dilanjutkan dengan pendirian tenda di halaman sekolah. Ada 23 tenda yang berdiri, 13 tenda sangga putri dan 10 tenda sangga putra. Kegiatan dilanjutkan dengan materi dan permainan kepramukaan. Sesudah makan malam, acara dilanjutkan dengan api unggun dan pentas seni. Para tamu ambalan terlihat sangat antusias dan penuh rasa percaya diri ketika mengikuti kegiatan pentas seni. Setiap sangga unjuk gigi menampilkan bakat mereka di depan teman-teman yang lain. Setelah api unggun dan pentas seni selesai, mereka kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat. Sekitar 3 jam mereka istirahat, acara dilanjutkan ke kegiatan inti yaitu pencarian bet ambalan. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Desa Pakikiran ini diawali dengan jelajah malam. Para anggota pramuka berjalan menyusuri persawahan dan irigasi air secara berkelompok (sangga) dengan membawa alat penerangan obor. Sesampainya di lapangan, barulah mereka melakukan pencarian bet ambalan. Pada pagi harinya, acara diakhiri dengan upacara penutupan dan prosesi adat pemasangan bet ambalan oleh pembina pramuka kepada perwakilan tamu ambalan. Prosesi ini adalah perlambang bahwa tamu ambalan telah resmi dilantik menjadi anggota Wisanggeni-Mustikawati.

 


Baca Lainnya :




    Tulis Komentar

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar

    Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

    View all komentar

    Tulis komentar